RPS / Rencana Pembelajaran Semester (Contoh)
1 | UNIVERSITAS MERCU BUANA FAKULTAS TEKNIK PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI | ||||||
Nomor Dokumen | 02-3.04.1.0….. | ||||||
Tanggal Efektif | 20 November 2020 | ||||||
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER | |||||||
Mata Kuliah | Kode | Rumpun Mata Kuliah | Bobot (SKS) | Semester | Tanggal Penyusunan | ||
Ergonomi + Praktikum | T: 2 | P: 1 | 4 | Agustus 2023 | |||
Otorisasi / Pengesahan | Dosen Pengemban RPS | Koordinator Mata Kuliah / Kelompok Bidang Ilmu | Ketua Program Studi | ||||
Euis Nina Saparina Yuliani, ST,MT Jacky Chin, ST, MT, Ph.D | Dr. Hernadewita | Dr. Uly Amrina, ST, MM | |||||
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | Pengetahuan P2 : Memahami dan menerapkan metode-metode, teknik-teknik, dan alat-alat yang diperlukan dalam praktik di bidang teknik industri. Keterampilan Umum KU3 : Mampu bekerja sama dalam tim lintas disiplin dan lintas budaya, baik sebagai anggota maupun sebagai pimpinan Keterampilan Khusus KK1 : Mampu merancang dan melaksanakan eksperimen laboratorium dan atau lapangan serta menganalisis dan mengartikan data untuk menyelesaikan permasalahan bidang teknik industri | ||||||
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | CPMK1 : Mahasiswa mampu memahami Ergonomi dan bidang-bidang kajian Ergonomi dan mampu mempraktekkan pengambilan data antropometri dan aplikasinya dalam design (P2, KK1) CPMK2 : Mahasiswa mampu memahami Fisiologi Kerja dan biomekanika Kerja serta mampu melakukan analisa dan perbaikan dalam praktek simulasi kerja fisik (P2,KU3,KK1) CPMK3 : Mahasiswa mampu memahami Lingkungan Kerja dan Display dan mampu membuat analisa lingkungan kerja pada praktek simulasi kerja di ruang iklim (P2,KK1) CPMK4 : Mahasiswa mampu memahami irama sirkardian dan sleep, shift kerja serta mampu memahami dan mengerjakan studi kasus mengenai fatigue (P2,KK1) CPMK5 : Mahasiswa mampu memahami Ergonomi Makro dan bekerjasama menyelesaikan permasalahan terkait Ergonomi Makro (P2) | ||||||
Deskripsi Singkat Mata Kuliah | Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib mahasiswa Teknik Industri yang membahas Pengantar Ergonomi, Antropometri, Fisiologi, Biomekanikakerja, LingkunganKerja, Display, Irama sirkardian, Shift Kerja, Beban Kerja Mental, Fatigue, Macro Ergonomi. | ||||||
Bahan Kajian: Materi Pembelajaran | Pengantar ErgonomiAntropometriFisiologi kerjaBiomekanika kerjaLingkungan KerjaDisplayIrama sirkardian dan SleepShift kerjaFatigueMacro Ergonomi | ||||||
Pustaka | Utama: [1] Bridger, R. S. (2017). Introduction to Human factors and Ergonomics 4th Ed. CRC Press. USA [2] Iridiastadi, H. dan Yassierli. (2014). Ergonomi Suatu Pengantar. PT. Remaja Rosda karya, Bandung. [3] Kroemer K.H.E. (2003). Ergonomics-how to design for ease and efficiency. Matthew deans. | ||||||
Pendukung: [4]Chaffin, D. B., Andersson, G. B. J., Martin J. B. (1999). Occupational Biomechanics. John Wiley & Sons, Kanada. [5] Wickens, C.D., Lee, J., Liu, Y., Becker, S.G. (). An Introduction to Human Factors Engineering 2ndEd. [6] International Labour Office. (1985). Introduction to Working Conditions and Environment. International Labour Office, Geneva. [7] Hal W. Hendrick dan Brian Kleiner. (2002). Macro ergonomics: Theory, Methods, and Applications. Lawrence Erlbaum Association, Publisher Mahwah, New Jersey, London. | |||||||
Dosen Pengampu | |||||||
Mata Kuliah Syarat | |||||||
Minggu ke | Sub-CPMK sebagai Kemampuan Akhir yang Diharapkan | Penilaian | Bentuk Pembelajaran; Metode Pembelajaran; Penugasan | Materi Pembelajaran | Bobot Peniliaian | |||||||
Indikator | Kriteria & Bentuk | Tatap Muka /Luring | Daring | |||||||||
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) | (6) | (7) | (8) | |||||
1 | Sub-CPMK 1. 1 Mampu menjelaskan mengenai pengertian ergonomi serta bidang-bidang kajian ergonomi dan penerapannya (CPMK 1) | Ketepatan menjelaskan pengertian ergonomiKetepatan menjelaskan bidang-bidang kajian ergonomiKetepatan memberikan contoh penerapan ergonomi di kehidupan sehari-hari | Bentuk asesment: Tanya jawab, Quiz | Kuliah Diskusi TM : (2×50′) BM : (2x 60′) PT : (2×60′) | Kuliah ForumQuiz TM : (2×50′) BM : (2x 60′) PT : (2×60′) | Pengertian ErgonomiBidang kajian ergonomiPeran dan penerapan ergonomi Referensi: [2] | 0% | |||||
2 | Sub-CPMK 1.2 Mampu menjelaskan anthropometri, jenis data dan cara pengukurannya serta menghitung data anthropometri untuk perancangan produk atau fasilitas (CPMK 1) | Ketepatan menjelaskan pengertian anthropometriKetepatan mengukur data anthropometriKetepatan menghitung persentil data dan memilih persentil sesuai penggunaan | Bentuk asesment: Diskusi, Tugas besar 1, Laporan Praktikum | Kuliah Diskusi TM : (2×50′) Tugas Besar 1 : membuat design dengan data antropometri PT : (2×60′) BM : (2x 60′) Praktikum sesi 1 : Antropometri P : (1×170′) | Kuliah ForumQuiz TM : (2×50′) Tugas Besar 1 : membuat design dengan data antropometri PT : (2×60′) BM : (2x 60′) Praktikum sesi 1 : Antropometri P : (1×170′) | Pengertian anthropometriPengukuran dan pengolahan data anthropometriTeori persentilContoh penerapan data anthropometri pada fasilitas atau produk Referensi: [1] , [2] | 20% | |||||
3 | Sub-CPMK 2.1 Mampu menjelaskan mengenai fisiologi kerja-mekanisme energi (CPMK 2) | Ketepatan menjelaskan pengertian fisiologi kerja-mekanisme energi | Bentuk asesment: Diskusi | Kuliah Diskusi TM : (2×50′) BM : (2x 60′) PT : (2×60′) P : (1×170′) | Kuliah ForumQuiz TM : (2×50′) BM : (2x 60′) PT : (2×60′) P : (1×170′) | Definisi Fisiologi KerjaMekanisme energi dihasilkan Referensi: [2] | 0% | |||||
4 | Sub-CPMK 2.2 Mampu menjelaskan mengenai fisiologi kerja-beban kerja fisik (CPMK 2) | Ketepatan menjelaskan beban kerja Ketepatan menjelaskan kapasitas fisik Ketepatan melakukan pengukuran beban kerja fisik | Bentuk asesment: Diskusi, Quiz tertulis laporan praktikum | Kuliah Diskusi TM : (2×50′) Quiz tertulis 1 : Menghitung beban kerja dengan heart rate dan konsumsi energi PT : (2×60′) BM : (2x 60′) Praktikum sesi 2 : Fisiologi Kerja P : (1×170′) | Kuliah ForumQuiz TM : (2×50′) Quiz tertulis 1 : Menghitung beban kerja dengan heart rate dan konsumsi energi BM : (2x 60′) PT : (2×60′) Praktikum sesi 2 : Fisiologi Kerja P : (1×170′) | Definisi Beban kerja fisikDefinisi kapasitas kerja fisikMetode pengukuran beban kerja fisik Referensi: [2] | 0% | |||||
5 | Sub-CPMK 2.3 Mampu menjelaskan Biomekanika kerja-MSDs dan melakukan penilaian risiko pekerjaan terkait MSDs (CPMK 2) | Ketepatan menjelaskan biomekanika kerja Ketepatan menjelaskan MSDsKetepatan menjelaskan metode penilaian risiko pekerjaan Ketepatan menghitung kekuatan tangan dan punggung | Bentuk asesment: Tanya Jawab, laporan praktikum | Kuliah Diskusi TM : (2×50′) Praktikum sesi 3 : Biomekanika P : (1×170′) BM : (2x 60′) PT : (2×60′) | Kuliah ForumQuiz TM : (2×50′) BM : (2x 60′) PT : (2×60′) Praktikum sesi 3 : Biomekanika P : (1×170′) | Definisi biomekanika kerjaSistem Musculoskeletal dan MSDsMetode penilaian risiko kerja Referensi: [2], [4] | 0% | |||||
6 | Sub-CPMK 2.4 Mampu menjelaskan Manual material handling dan melakukan penilaian RWL serta lifting indeks (CPMK 2) | Ketepatan menjelaskan mengenai manual material handling Ketepatan melakukan penilaian dengan metode RWL dan lifting indeks Ketepatan isi dan pengumpulan laporan tugas besar 1 | Bentuk asesment: Diskusi, Tugas Besar 2 | Kuliah Diskusi TM : (2×50′) Tugas Besar 2 : Mengambil gambar dan menghitung RWL PT : (2×60′) BM : (2x 60′) P : (1×170′) | Kuliah Forum TM : (2×50′) Tugas Besar 2 : Mengambil gambar dan menghitung RWL PT : (2×60′) BM : (2x 60′) P : (1×170′) | Definisi Manual material handlingMetode RWL dan lifting indeks Referensi : [2], [4] | 25% | |||||
7 | Sub-CPMK 2.5 Mampu menjelaskan dan melakukan Pemodelan Biomekanika (CPMK 2) | Ketepatan melakukan pemodelan biomekanikaketepatan menghitung kekuatan tangan dan punggung | Bentuk asesment: Diskusi, Quiz tertulis | Kuliah Diskusi TM : (2×50′) Quiz tertulis 2: menghitung kekuatan hand grip dan punggung PT : (2×60′) BM : (2x 60′) P : (1×170′) | Kuliah ForumQuiz TM : (2×50′) Quiz tertulis 2: menghitung kekuatan hand grip dan punggung BM : (2x 60′) PT : (2×60′) P : (1×170′) | Definisi Pemodelan biomekanikapengukuran kekuatan otot Referensi: [2],[4] | 0% | |||||
8 | Sub-CPMK 3.1 Mampu menjelaskan pengaruh lingkungan kerja pada performansi kerja manusia dan sistem kerja (CPMK 3) | Ketepatan menjelaskan faktor-faktor lingkungan kerja fisik Ketepatan memberikan rekomendasi perbaikan lingkungan kerjaketepatan membaca hasil pengukuran pada alat ukur | Bentuk asesment: Diskusi Quiz tertulis laporan praktikum | Kuliah Diskusi TM : (2×50′) Quiz tertulis 3: menghitung kebisingan, pencahayaan, dan temperatur dengan alat ukur PT : (2×60′) BM : (2x 60′) Praktikum sesi 4 : Lingkungan kerja fisik P : (1×170′) | Kuliah ForumQuiz TM : (2×50′) Quiz tertulis 3: menghitung kebisingan, pencahayaan, dan temperatur dengan alat ukur BM : (2x 60′) PT : (2×60′) Praktikum sesi 4 : Lingkungan kerja fisik P : (1×170′) | Definisi faktor-faktor lingkungan kerja Metode pengukuran lingkungan kerjakebisinganpencahayaantemperatur Referensi: [2],[6] | 0% | |||||
9 | Sub-CPMK 3.2 Mampu menjelaskan dan mendesain display dan kontrol (CPMK 3) | Ketepatan menjelaskan pengertian display dan control serta kegunaannyaKetepatan menjelaskan tipe-tipe display beserta contohnyaKetepatan mendesain display dan control yang baik beserta penempatannya | Bentuk asesment: tanya jawab Quiz | Kuliah Diskusi TM : (2×50′) PT : (2×60′) BM : (2x 60′) P : (1×170′) | Kuliah ForumQuiz TM : (2×50′) PT : (2×60′) BM : (2x 60′) P : (1×170′) | Pengertian, Fungsi dan Tipe-tipe display dan controlPenggunaan warna dan hurufdalam display Prinsip desain display visualKriteria dan Prinsip desain display yang baikDesain dan penempatan fasilitas control. | 5% | |||||
10 | Sub-CPMK 4.1 Mampu Menjelaskan definisi irama sirkardian dan sleep (CPMK 4) | Ketepatan menjelaskan definis irama sirkardian dan sleep | Bentuk asesment: Diskusi Quiz | Kuliah Diskusi TM : (2×50′) PT : (2×60′) BM : (2x 60′) P : (1×170′) | Kuliah ForumQuiz TM : (2×50′) BM : (2x 60′) PT : (2×60′) P : (1×170′) | Definisi irama sirkardianSleep. Referensi: [6] | 10% | |||||
11 | Sub-CPMK 4.2 Mampu menjelaskan definis shift kerja (CPMK 4) | Ketepatan menjelaskan definisi shift kerja Ketepatan melakukan perancangan shift kerja | Bentuk asesment: Diskusi dan tanya jawab Quiz | Kuliah Diskusi TM : (2×50′) PT : (2×60′) BM : (2x 60′) P : (1×170′) | Kuliah ForumQuiz TM : (2×50′) BM : (2x 60′) PT : (2×60′) P : (1×170′) | Definisi shift kerja Metode perancangan shift kerja Referensi: [6] | 5% | |||||
12 | Sub-CPMK 4.3 Mampu menjelaskan definis beban kerja mental dan pengukuran beban kerja mental (CPMK 4) | Ketepatan menjelaskan definisi beban kerja mental Ketepatan menjelaskan metode pengukuran beban kerja mental Ketepatan melakukan pengukuran beban kerja mental | Bentuk asesment: Studi kasus laporan praktikum | Kuliah Diskusi TM : (2×50′) Praktikum sesi 5 : mental fatigue TM : (2×50′) PT : (2×60′) BM : (2x 60′) P : (1×170′) | Kuliah ForumQuiz TM : (2×50′) BM : (2x 60′) PT : (2×60′) Praktikum sesi 5 : mental fatigue P : (1×170′) | Perbedaan kelelahan fisik dan mentalMetode pengukuran beban fisikmetode pengukuran beban mental Referensi: [1],[2],[3] | 10% | |||||
13 | Sub-CPMK 4.4 Mampu menjelaskan definisi kelelahan (fatigue) dan faktor-faktor penyebab timbulnya kelelahan serta metode pegukuran fatigue (CPMK 4) | Ketepatan menjelaskan definisi fatigue Ketepatan menjelaskan metode pengukuran fatigueKetepatan melakukan pengukuran fatigue | Bentuk asesment: Diskusi dan tanya jawab | Kuliah Diskusi TM : (2×50′) PT : (2×60′) BM : (2x 60′) P : (1×170′) | Kuliah ForumQuiz TM : (2×50′) BM : (2x 60′) PT : (2×60′) P : (1×170′) | Definisi kelelahan Faktor-faktor penyumbang kelelahanPenanggulangan kelelahanPengukuran kelelahan Referensi: [2] | 5% | |||||
14 | Sub-CPMK 5.1 Mampu Menjelaskan definisi makro ergonomi dan penerapannya (CPMK 5) | Ketepatan menjelaskan definisi makro ergonomi dan penerapannya | Bentuk asesment: Diskusi Quiz | Kuliah Diskusi TM : (2×50′) PT : (2×60′) BM : (2x 60′) P : (1×170′) | Kuliah ForumQuiz TM : (2×50′) BM : (2x 60′) PT : (2×60′) P : (1×170′) | Definisi makro ergonomiPenerapan makro ergonomi Referensi: [7] | 0% | |||||
15 | Sub-CPMK 4.5 Studi Kasus Fatigue managemen/ diseminasi penelitian (CPMK 4) | Ketepatan hasil summary review dari jurnal/ materi diseminasi | Bentuk asesmen: Summary report | Kuliah Diskusi TM : (2×50’) Summary PT : (2×60′) BM : (2x 60′) P : (1×170′) | Kuliah ForumQuiz TM : (2×50′) BM : (2x 60′) PT : (2×60′) P : (1×170′) | Mereview Jurnal fatigue managementDiseminasi Hasil penelitian/Pengabdian Dosen TI UMB Referensi: [1] s/d [7] | 0% | |||||
16 | Evaluasi Akhir Semester: Melakukan Validasi Penilaian Akhir dan Menentukan Kelulusan Mahasiswa | 30% | ||||||||||
Rubrik Penilaian
Grade | Skor | Kriteria |
A | 80-100 | Jawaban menunjukkan mahasiswa memiliki pemahaman yang baik tentang soal yang diberikan, mengumpulkan laporan praktikum dan tugas besar tepat waktu dan sistematis, design yang dikerjakan sesuai dengan instruksi yang diberikan, menggunakan rumus dan perhitungan yang benar, analisa yang disajikan sangat baik |
B+ | 74-79.99 | Jawaban menunjukkan mahasiswa memiliki pemahaman yang baik tentang soal yang diberikan, mengumpulkan laporan praktikum dan tugas besar tepat waktu dan sistematis, design yang dikerjakan sesuai dengan instruksi yang diberikan, menggunakan rumus dan perhitungan yang benar, analisa yang disajikan cukup baik |
B | 68-73.99 | Jawaban menunjukkan mahasiswa memiliki pemahaman tentang soal yang diberikan, mengumpulkan laporan praktikum dan tugas besar tepat waktu dan tidak sistematis, design yang dikerjakan sesuai dengan instruksi yang diberikan, menggunakan rumus dan perhitungan yang benar, analisa yang disajikan cukup baik |
C+ | 62-67.99 | Jawaban menunjukkan mahasiswa memiliki pemahaman kurang baik tentang soal yang diberikan, mengumpulkan laporan praktikum dan tugas besar tidak tepat waktu dan tidak sistematis, design yang dikerjakan sesuai dengan instruksi yang diberikan, menggunakan rumus dan perhitungan yang benar, analisa yang disajikan tidak sesuai |
C | 56-61.99 | Jawaban menunjukkan mahasiswa memiliki pemahaman kurang baik tentang soal yang diberikan, mengumpulkan laporan praktikum dan tugas besar tidak tepat waktu dan tidak sistematis, design yang dikerjakan sesuai dengan instruksi yang diberikan, menggunakan rumus dan perhitungan yang benar, analisa yang disajikan sesuai |
D | 45-55.99 | Jawaban menunjukkan mahasiswa tidak memiliki pemahaman tentang soal yang diberikan, mengumpulkan laporan praktikum dan tugas besar tidak tepat waktu dan tidak sistematis, design yang dikerjakan tidak sesuai dengan instruksi yang diberikan, menggunakan rumus dan perhitungan yang benar, analisa yang disajikan tidak sesuai |
E | <45 | Jawaban menunjukkan mahasiswa tidak memiliki pemahaman tentang soal yang diberikan, mengumpulkan laporan praktikum dan tugas besar tidak tepat waktu dan tidak sistematis, design yang dikerjakan tidak sesuai dengan instruksi yang diberikan, menggunakan rumus dan perhitungan yang salah, analisa yang disajikan tidak sesuai |
Catatan:
- Capaian Pembelajaran Lulusan PRODI (CPL-PRODI) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan PRODI yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodi-nya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
- CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-PRODI) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, keterampilan umum, keterampilan khusus dan pengetahuan.
- CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut, jumlah CPMK adalah 5 sampai dengan 8.
- Sub-CP Mata Kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
- Indikator Penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
- Kriteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kriteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kriteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
- Bentuk Penilaian: tes dan non-tes.
- Bentuk Pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
- Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan Bobot penilaian adalah persentase penilaian terhadap setiap pencapaian sub-CPMK yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-CPMK tersebut, dan totalnya 100%.
- Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
- Bobot Penilaian adalah persentase penilaian terhadap setiap pencapaian sub-CPMK yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-CPMK tersebut, dan totalnya 100%.
- TM= Tatap Muka, PT= Penugasan Terstuktur, BM= Belajar Mandiri, P= Pratikum