RPS / Rencana Pembelajaran Semester (Contoh)

1       UNIVERSITAS MERCU BUANA  
FAKULTAS TEKNIK
PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI
Nomor Dokumen02-3.04.1.0…..
Tanggal Efektif20 November 2020
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Mata KuliahKodeRumpun Mata KuliahBobot (SKS)SemesterTanggal Penyusunan
Ergonomi + Praktikum  T: 2P: 14Agustus 2023
Otorisasi / PengesahanDosen Pengemban RPSKoordinator Mata Kuliah / Kelompok Bidang IlmuKetua Program Studi
Euis Nina Saparina Yuliani, ST,MT Jacky Chin, ST, MT, Ph.DDr. Hernadewita  Dr. Uly Amrina, ST, MM
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)Pengetahuan P2 : Memahami dan menerapkan metode-metode, teknik-teknik, dan alat-alat yang diperlukan dalam praktik di bidang teknik industri.   Keterampilan Umum KU3  : Mampu bekerja sama dalam  tim lintas disiplin dan lintas budaya, baik sebagai anggota maupun sebagai pimpinan   Keterampilan Khusus KK1 : Mampu merancang dan melaksanakan eksperimen laboratorium dan atau lapangan serta menganalisis dan mengartikan data untuk menyelesaikan permasalahan bidang teknik industri
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)  CPMK1 : Mahasiswa mampu memahami Ergonomi dan bidang-bidang kajian Ergonomi dan mampu mempraktekkan pengambilan data antropometri dan aplikasinya dalam design (P2, KK1) CPMK2 : Mahasiswa mampu memahami Fisiologi Kerja dan biomekanika Kerja serta mampu melakukan analisa dan perbaikan dalam praktek simulasi kerja fisik  (P2,KU3,KK1) CPMK3 : Mahasiswa mampu memahami Lingkungan Kerja  dan Display dan mampu membuat analisa lingkungan kerja pada praktek simulasi kerja di ruang iklim (P2,KK1) CPMK4 : Mahasiswa mampu  memahami irama sirkardian dan sleep, shift kerja serta mampu memahami dan mengerjakan studi kasus mengenai fatigue (P2,KK1) CPMK5 : Mahasiswa mampu  memahami Ergonomi Makro dan bekerjasama menyelesaikan permasalahan terkait Ergonomi Makro (P2)
Deskripsi Singkat Mata KuliahMata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib mahasiswa Teknik Industri yang membahas Pengantar Ergonomi, Antropometri, Fisiologi, Biomekanikakerja, LingkunganKerja, Display, Irama sirkardian, Shift Kerja, Beban Kerja Mental, Fatigue, Macro Ergonomi.
Bahan Kajian: Materi PembelajaranPengantar ErgonomiAntropometriFisiologi kerjaBiomekanika kerjaLingkungan KerjaDisplayIrama sirkardian dan SleepShift kerjaFatigueMacro Ergonomi
PustakaUtama: [1] Bridger, R. S. (2017). Introduction to Human factors and Ergonomics 4th Ed. CRC Press. USA [2] Iridiastadi, H. dan Yassierli. (2014). Ergonomi Suatu Pengantar. PT. Remaja Rosda karya, Bandung. [3] Kroemer K.H.E. (2003). Ergonomics-how to design for ease and efficiency. Matthew deans.  
Pendukung: [4]Chaffin, D. B., Andersson, G. B. J., Martin J. B. (1999). Occupational Biomechanics. John Wiley & Sons, Kanada. [5] Wickens, C.D., Lee, J., Liu, Y., Becker, S.G. (). An Introduction to Human Factors Engineering 2ndEd. [6] International Labour Office. (1985). Introduction to Working Conditions and Environment. International Labour Office, Geneva. [7] Hal W. Hendrick dan Brian Kleiner. (2002). Macro ergonomics: Theory, Methods, and Applications. Lawrence Erlbaum Association, Publisher Mahwah, New Jersey, London.  
Dosen Pengampu 
Mata Kuliah Syarat 
  Minggu keSub-CPMK sebagai Kemampuan Akhir yang DiharapkanPenilaianBentuk Pembelajaran; Metode Pembelajaran; PenugasanMateri PembelajaranBobot Peniliaian
IndikatorKriteria & BentukTatap Muka /LuringDaring
(1)(2)(3)(4)(5)(6)(7)(8)
1Sub-CPMK 1. 1 Mampu menjelaskan mengenai pengertian ergonomi serta bidang-bidang kajian ergonomi dan penerapannya (CPMK 1)Ketepatan menjelaskan pengertian ergonomiKetepatan menjelaskan bidang-bidang kajian ergonomiKetepatan memberikan contoh penerapan ergonomi di kehidupan sehari-hariBentuk asesment: Tanya jawab, QuizKuliah Diskusi TM : (2×50′) BM : (2x 60′) PT : (2×60′)      Kuliah ForumQuiz TM : (2×50′) BM : (2x 60′) PT : (2×60′)Pengertian ErgonomiBidang kajian ergonomiPeran dan penerapan ergonomi Referensi: [2]  0%
2Sub-CPMK 1.2 Mampu menjelaskan anthropometri, jenis data dan cara pengukurannya serta menghitung data anthropometri untuk perancangan produk atau fasilitas (CPMK 1)  Ketepatan menjelaskan pengertian anthropometriKetepatan mengukur data anthropometriKetepatan menghitung persentil data dan memilih persentil sesuai penggunaanBentuk asesment: Diskusi, Tugas besar 1, Laporan Praktikum  Kuliah Diskusi TM : (2×50′) Tugas Besar 1 : membuat design dengan data antropometri PT : (2×60′) BM : (2x 60′)   Praktikum  sesi 1 : Antropometri P : (1×170′)      Kuliah ForumQuiz TM : (2×50′)  Tugas Besar 1 : membuat design dengan data antropometri PT : (2×60′) BM : (2x 60′) Praktikum  sesi 1 : Antropometri P : (1×170′)    Pengertian anthropometriPengukuran dan pengolahan data anthropometriTeori persentilContoh penerapan data anthropometri pada fasilitas atau produk Referensi: [1] , [2]  20%
3Sub-CPMK 2.1 Mampu menjelaskan mengenai fisiologi kerja-mekanisme energi (CPMK 2)Ketepatan menjelaskan pengertian fisiologi kerja-mekanisme energiBentuk asesment: Diskusi  Kuliah Diskusi TM : (2×50′) BM : (2x 60′) PT : (2×60′) P : (1×170′)    Kuliah ForumQuiz TM : (2×50′) BM : (2x 60′) PT : (2×60′) P : (1×170′)Definisi Fisiologi KerjaMekanisme energi dihasilkan   Referensi: [2]0%
4Sub-CPMK 2.2 Mampu menjelaskan mengenai fisiologi kerja-beban kerja fisik (CPMK 2)Ketepatan menjelaskan beban kerja Ketepatan menjelaskan kapasitas fisik Ketepatan melakukan pengukuran beban kerja fisikBentuk asesment: Diskusi, Quiz tertulis   laporan praktikumKuliah Diskusi TM : (2×50′) Quiz tertulis 1 : Menghitung beban kerja dengan heart rate dan konsumsi energi PT : (2×60′) BM : (2x 60′) Praktikum sesi 2 : Fisiologi Kerja P : (1×170′)    Kuliah ForumQuiz TM : (2×50′) Quiz tertulis 1 : Menghitung beban kerja dengan heart rate dan konsumsi energi BM : (2x 60′) PT : (2×60′)   Praktikum sesi 2 : Fisiologi Kerja P : (1×170′)    Definisi Beban kerja fisikDefinisi kapasitas kerja fisikMetode pengukuran beban kerja fisik           Referensi: [2]  0%
5Sub-CPMK 2.3 Mampu menjelaskan Biomekanika kerja-MSDs dan melakukan penilaian risiko pekerjaan terkait MSDs (CPMK 2)Ketepatan menjelaskan biomekanika kerja Ketepatan menjelaskan MSDsKetepatan menjelaskan metode penilaian risiko pekerjaan Ketepatan menghitung kekuatan tangan dan punggungBentuk asesment: Tanya Jawab,   laporan praktikumKuliah Diskusi TM : (2×50′) Praktikum sesi 3 : Biomekanika P : (1×170′) BM : (2x 60′) PT : (2×60′)Kuliah ForumQuiz TM : (2×50′) BM : (2x 60′) PT : (2×60′) Praktikum sesi 3 : Biomekanika P : (1×170′)  Definisi biomekanika kerjaSistem Musculoskeletal dan MSDsMetode penilaian risiko kerja   Referensi: [2], [4]  0%
6Sub-CPMK 2.4 Mampu menjelaskan Manual material handling dan melakukan penilaian RWL serta lifting indeks (CPMK 2)Ketepatan menjelaskan mengenai manual material handling Ketepatan melakukan penilaian dengan metode RWL dan lifting indeks Ketepatan isi dan pengumpulan laporan tugas besar 1Bentuk asesment: Diskusi, Tugas Besar 2Kuliah Diskusi TM : (2×50′)   Tugas Besar 2 : Mengambil gambar dan menghitung RWL PT : (2×60′) BM : (2x 60′) P : (1×170′)  Kuliah Forum TM : (2×50′) Tugas Besar 2 : Mengambil gambar dan menghitung RWL PT : (2×60′) BM : (2x 60′) P : (1×170′)  Definisi Manual material handlingMetode RWL dan lifting indeks       Referensi : [2], [4]25%
7Sub-CPMK 2.5 Mampu menjelaskan dan melakukan Pemodelan Biomekanika (CPMK 2)Ketepatan melakukan pemodelan biomekanikaketepatan menghitung kekuatan tangan dan punggungBentuk asesment: Diskusi, Quiz tertulis  Kuliah Diskusi TM : (2×50′) Quiz tertulis 2: menghitung kekuatan hand grip dan punggung PT : (2×60′) BM : (2x 60′) P : (1×170′)  Kuliah ForumQuiz TM : (2×50′) Quiz tertulis 2: menghitung kekuatan hand grip dan punggung BM : (2x 60′) PT : (2×60′) P : (1×170′)Definisi Pemodelan biomekanikapengukuran kekuatan otot           Referensi: [2],[4]0% 
8Sub-CPMK 3.1 Mampu menjelaskan pengaruh lingkungan kerja pada performansi kerja manusia dan sistem kerja (CPMK 3)  Ketepatan menjelaskan faktor-faktor lingkungan kerja fisik Ketepatan memberikan rekomendasi perbaikan lingkungan kerjaketepatan membaca hasil pengukuran pada alat ukurBentuk asesment: Diskusi Quiz tertulis laporan praktikumKuliah Diskusi TM : (2×50′) Quiz tertulis 3: menghitung kebisingan, pencahayaan, dan temperatur dengan alat ukur PT : (2×60′) BM : (2x 60′) Praktikum sesi 4 : Lingkungan kerja fisik P : (1×170′)  Kuliah ForumQuiz TM : (2×50′) Quiz tertulis 3: menghitung kebisingan, pencahayaan, dan temperatur dengan alat ukur BM : (2x 60′) PT : (2×60′) Praktikum sesi 4 : Lingkungan kerja fisik P : (1×170′)    Definisi faktor-faktor lingkungan kerja Metode pengukuran lingkungan kerjakebisinganpencahayaantemperatur   Referensi: [2],[6]0% 
9Sub-CPMK 3.2 Mampu menjelaskan dan mendesain display dan kontrol (CPMK 3)Ketepatan menjelaskan pengertian display dan control serta kegunaannyaKetepatan menjelaskan tipe-tipe display beserta contohnyaKetepatan mendesain display dan control yang baik beserta penempatannyaBentuk asesment: tanya jawab Quiz  Kuliah Diskusi TM : (2×50′) PT : (2×60′) BM : (2x 60′) P : (1×170′)    Kuliah ForumQuiz TM : (2×50′) PT : (2×60′) BM : (2x 60′) P : (1×170′)    Pengertian, Fungsi dan Tipe-tipe display dan controlPenggunaan warna dan hurufdalam display Prinsip desain display visualKriteria dan Prinsip desain display yang baikDesain dan penempatan fasilitas control.5% 
10Sub-CPMK 4.1 Mampu Menjelaskan definisi irama sirkardian dan sleep (CPMK 4)Ketepatan menjelaskan definis irama sirkardian dan sleepBentuk asesment: Diskusi Quiz  Kuliah Diskusi TM : (2×50′) PT : (2×60′) BM : (2x 60′) P : (1×170′)  Kuliah ForumQuiz TM : (2×50′) BM : (2x 60′) PT : (2×60′) P : (1×170′)  Definisi irama sirkardianSleep.   Referensi: [6]  10% 
11Sub-CPMK 4.2 Mampu menjelaskan definis shift kerja (CPMK 4)Ketepatan menjelaskan definisi shift kerja Ketepatan melakukan perancangan shift kerjaBentuk asesment: Diskusi dan tanya jawab Quiz  Kuliah Diskusi TM : (2×50′) PT : (2×60′) BM : (2x 60′) P : (1×170′)  Kuliah ForumQuiz TM : (2×50′) BM : (2x 60′) PT : (2×60′) P : (1×170′)Definisi shift kerja Metode perancangan shift kerja   Referensi: [6]    5% 
12Sub-CPMK 4.3 Mampu menjelaskan definis beban kerja mental dan pengukuran beban kerja mental (CPMK 4)Ketepatan menjelaskan definisi beban kerja mental Ketepatan menjelaskan metode pengukuran beban kerja mental Ketepatan melakukan pengukuran beban kerja mental  Bentuk asesment:  Studi kasus laporan praktikumKuliah Diskusi TM : (2×50′)   Praktikum sesi 5 : mental fatigue   TM : (2×50′) PT : (2×60′) BM : (2x 60′) P : (1×170′)Kuliah ForumQuiz TM : (2×50′) BM : (2x 60′) PT : (2×60′) Praktikum sesi 5 : mental fatigue P : (1×170′)  Perbedaan kelelahan fisik dan mentalMetode pengukuran beban fisikmetode pengukuran beban mental   Referensi: [1],[2],[3]  10% 
13Sub-CPMK 4.4 Mampu menjelaskan definisi kelelahan (fatigue) dan faktor-faktor penyebab timbulnya kelelahan serta metode pegukuran fatigue (CPMK 4)Ketepatan menjelaskan definisi fatigue Ketepatan menjelaskan metode pengukuran fatigueKetepatan melakukan pengukuran fatigueBentuk asesment: Diskusi dan tanya jawab  Kuliah Diskusi TM : (2×50′) PT : (2×60′) BM : (2x 60′) P : (1×170′)Kuliah ForumQuiz TM : (2×50′) BM : (2x 60′) PT : (2×60′) P : (1×170′)  Definisi kelelahan Faktor-faktor penyumbang kelelahanPenanggulangan kelelahanPengukuran kelelahan   Referensi: [2]5% 
14Sub-CPMK 5.1 Mampu Menjelaskan definisi makro ergonomi dan penerapannya (CPMK 5)Ketepatan menjelaskan definisi makro ergonomi dan penerapannyaBentuk asesment: Diskusi QuizKuliah Diskusi TM : (2×50′) PT : (2×60′) BM : (2x 60′) P : (1×170′)  Kuliah ForumQuiz TM : (2×50′) BM : (2x 60′) PT : (2×60′) P : (1×170′)  Definisi makro ergonomiPenerapan makro ergonomi   Referensi: [7]  0% 
15Sub-CPMK 4.5 Studi Kasus Fatigue managemen/ diseminasi penelitian (CPMK 4)Ketepatan hasil summary review dari jurnal/ materi diseminasiBentuk asesmen: Summary reportKuliah Diskusi TM : (2×50’) Summary PT : (2×60′) BM : (2x 60′) P : (1×170′)  Kuliah ForumQuiz TM : (2×50′) BM : (2x 60′) PT : (2×60′) P : (1×170′)  Mereview Jurnal fatigue managementDiseminasi Hasil penelitian/Pengabdian Dosen TI UMB   Referensi: [1] s/d [7]0% 
16Evaluasi Akhir Semester: Melakukan Validasi Penilaian Akhir dan Menentukan Kelulusan Mahasiswa30% 

Rubrik Penilaian

GradeSkorKriteria
A80-100Jawaban menunjukkan mahasiswa memiliki pemahaman yang baik tentang soal yang diberikan, mengumpulkan laporan praktikum dan tugas besar tepat waktu dan sistematis, design yang dikerjakan sesuai dengan instruksi yang diberikan, menggunakan rumus dan perhitungan yang benar, analisa yang disajikan sangat baik
B+74-79.99Jawaban menunjukkan mahasiswa memiliki pemahaman yang baik tentang soal yang diberikan, mengumpulkan laporan praktikum dan tugas besar tepat waktu dan sistematis, design yang dikerjakan sesuai dengan instruksi yang diberikan, menggunakan rumus dan perhitungan yang benar, analisa yang disajikan cukup baik
B68-73.99Jawaban menunjukkan mahasiswa memiliki pemahaman tentang soal yang diberikan, mengumpulkan laporan praktikum dan tugas besar tepat waktu dan tidak sistematis, design yang dikerjakan sesuai dengan instruksi yang diberikan, menggunakan rumus dan perhitungan yang benar, analisa yang disajikan cukup baik
C+62-67.99Jawaban menunjukkan mahasiswa memiliki pemahaman kurang baik tentang soal yang diberikan, mengumpulkan laporan praktikum dan tugas besar tidak tepat waktu dan tidak sistematis, design yang dikerjakan sesuai dengan instruksi yang diberikan, menggunakan rumus dan perhitungan yang benar, analisa yang disajikan tidak sesuai
C56-61.99Jawaban menunjukkan mahasiswa memiliki pemahaman kurang baik tentang soal yang diberikan, mengumpulkan laporan praktikum dan tugas besar tidak tepat waktu dan tidak sistematis, design yang dikerjakan sesuai dengan instruksi yang diberikan, menggunakan rumus dan perhitungan yang benar, analisa yang disajikan sesuai
D45-55.99Jawaban menunjukkan mahasiswa tidak memiliki pemahaman tentang soal yang diberikan, mengumpulkan laporan praktikum dan tugas besar tidak tepat waktu dan tidak sistematis, design yang dikerjakan tidak sesuai dengan instruksi yang diberikan, menggunakan rumus dan perhitungan yang benar, analisa yang disajikan tidak sesuai
E<45Jawaban menunjukkan mahasiswa tidak memiliki pemahaman tentang soal yang diberikan, mengumpulkan laporan praktikum dan tugas besar tidak tepat waktu dan tidak sistematis, design yang dikerjakan tidak sesuai dengan instruksi yang diberikan, menggunakan rumus dan perhitungan yang salah, analisa yang disajikan tidak sesuai

Catatan:

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan PRODI (CPL-PRODI) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan PRODI yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodi-nya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-PRODI) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, keterampilan umum, keterampilan khusus dan pengetahuan.
  3. CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut, jumlah CPMK adalah 5 sampai dengan 8.
  4. Sub-CP Mata Kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator Penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kriteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kriteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kriteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk Penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk Pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan Bobot penilaian adalah persentase penilaian terhadap setiap pencapaian sub-CPMK yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-CPMK tersebut, dan totalnya 100%.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot Penilaian adalah persentase penilaian terhadap setiap pencapaian sub-CPMK yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-CPMK tersebut, dan totalnya 100%.
  12. TM= Tatap Muka, PT= Penugasan Terstuktur, BM= Belajar Mandiri, P= Pratikum