Silabus Mata Kuliah
UNIVERSITAS MERCU BUANA FAKULTAS TEKNIK PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI | |
Nomor Dokumen | ……………………… |
Tanggal Efektif | 20November 2020 |
SILABI MATA KULIAH/ SYLLABY ON MODULE |
1 | Nama Mata Kuliah/ Course Name | Ergonomi + Praktikum | ||||||||
2 | Kode Mata Kuliah/ Course Code | W16210001 | ||||||||
3 | Jumlah SKS/ Credit Hours | 3 SKS/ 150 Credits | ||||||||
4 | Jenjang/ Level | Sarjana S-1 | ||||||||
5 | Semester dan Tahun/ Semester and Year | Semester 4 Tahun 2023 | ||||||||
6 | Prasyarat/ Prerequisite | |||||||||
7 | Metode dan Bentuk Pembelajaran/ Teaching and Learning Method | Tatap Muka atau blended learning | ||||||||
8 | Asesmen/ Assessment | Komposisi Penilaian: Coursework 50%Praktikum 25%Ujian 25 % | ||||||||
9 | Dosen Pengampu/ Lecturer | Euis Nina Saparina Yuliani, ST,MT Jacky Chin, ST, MT, Ph.D | ||||||||
10 | Sinopsis Mata Kuliah/ Course Synopsis | Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib mahasiswa Teknik Industri yang membahas Pengantar Ergonomi, Antropometri, Fisiologi, Biomekani kakerja, Lingkungan Kerja, Display, Irama sirkardian, Shift Kerja, Beban Kerja Mental, Fatigue, Macro Ergonomi. | ||||||||
11 | Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) / Course Learning Outcomes (CLO) | Capaian pembelajaran yang diharapkan setelah lulus mata kuliah ini adalah: Mahasiswa mampu memahami Ergonomi dan bidang-bidang kajian Ergonomi dan mampu mempraktekkan pengambilan data antropometri dan aplikasinya dalam design Mahasiswa mampu memahami Fisiologi Kerja dan biomekanika Kerja serta mampu melakukan analisa dan perbaikan dalam praktek simulasi kerja fisik Mahasiswa mampu memahami Lingkungan Kerja dan Display dan mampu membuat analisa lingkungan kerja pada praktek simulasi kerja di ruang iklimMahasiswa mampu memahami irama sirkardian dan sleep, shift kerja serta mampu memahami dan mengerjakan studi kasus mengenai fatigueMahasiswa mampu memahami Ergonomi Makro dan bekerjasama menyelesaikan permasalahan terkait Ergonomi Makro | ||||||||
12 | Kontribusi Mata Kuliah terhadapTujuan Pendidikan Program Studi (TPP) | |||||||||
No | Tujuan Pendidikan Program Studi (TPP) / Programme EducationalObjectives (PEO) | Kontribusi Mayor | Kontribusi Minor | |||||||
1 | Memiliki moral, kualitas dan integritas, kedisiplinan, tanggung jawab dan profesionalisme dengan kompetensi dan daya saing yang tinggi. | V | ||||||||
2 | Menguasai dasar-dasar keteknikan, mengaplikasikan pengetahuan dan keahliannya dalam berbagai lini keprofesian Teknik Industri. | V | ||||||||
3 | Memiliki sifat kepemimpinan, berkomunikasi secara efektif, bekerja dalam tim, kreatif dan inovatif, beradaptasi dan mengembangkan diri di lingkungan kariernya serta mampu belajar sepanjang hayat. | V | ||||||||
4 | Berkontribusi menurut keahliannya pada industri, badan profesional dan masyarakat dan memiliki jiwa kewirausahaan yang mampu menciptakan serta mengisi lapangan kerja dalam bidang Teknik Industri. | V | ||||||||
13 | Jumlah Tatap Muka/Learning Hours | |||||||||
Pokok Bahasan/ Topics | Jam / Hours | |||||||||
TM | PT | P | BM | Total | ||||||
CPMK 1. Mahasiswa mampu memahami Ergonomi dan bidang-bidang kajian Ergonomi dan mampu mempraktekkan pengambilan data antropometri dan aplikasinya dalam design | 3,3 | 4 | 5,6 | 4 | 16.9 | |||||
CPMK 2. Mahasiswa mampu memahami Fisiologi Kerja dan biomekanika Kerja serta mampu melakukan analisa dan perbaikan dalam praktek simulasi kerja fisik | 8,3 | 10 | 14,1 | 10 | 42.4 | |||||
CPMK 3. Mahasiswa mampu memahami Lingkungan Kerja dan Display dan mampu membuat analisa lingkungan kerja pada praktek simulasi kerja di ruang iklim | 3,3 | 4 | 5,6 | 4 | 16.9 | |||||
CPMK4. Mahasiswa mampu memahami irama sirkardian dan sleep, shift kerja serta mampu memahami dan mengerjakan studi kasus mengenai fatigue | 8,3 | 10 | 14,1 | 10 | 42.4 | |||||
CPMK5. Mahasiswa mampu memahami Ergonomi Makro dan bekerjasama menyelesaikan permasalahan terkait Ergonomi Makro. | 1,6 | 2 | 2,83 | 2 | 8.43 | |||||
Asesmen: Coursework 45%Praktikum 35%Ujian 20% | – | 4 | – | 4 | 8 | |||||
– | 2 | 2 | ||||||||
2 | 2 | |||||||||
Total Jam Pembelajaran / Total Learning Hours | 24,8 | 38 | 42,2 | 34 | 139 | |||||
Jumlah Jam Kredit / Total Credit Hours | 139 | |||||||||
TM: Tatap Muka/e-Learning, PS:Penugasan Terstruktur, P: Praktik/Laboratorium, BM: Belajar Mandiri | ||||||||||
14 | Daftar Pustaka Utama / Main References | Utama: Bridger, R. S. (2017). Introduction to Human factors and Ergonomics 4th Ed. CRC Press. USA Iridiastadi, H. dan Yassierli. (2014). ErgonomiSuatuPengantar. PT. RemajaRosdakarya, Bandung. Kroemer K.H.E. (2003). Ergonomics-how to design for ease and efficiency. Matthew deans. | ||||||||
15 | Daftar Pustaka Tambahan / Additional References | Pendukung: Chaffin, D. B., Andersson, G. B. J., Martin J. B. (1999). Occupational Biomechanics. John Wiley & Sons, Kanada. Wickens, C.D., Lee, J., Liu, Y., Becker, S.G. (). An Introduction toHuman Factors Engineering 2ndEd.International Labour Office. (1985). Introduction to Working Conditions and Environment. International Labour Office, Geneva.Hal W. Hendrick dan Brian Kleiner. (2002). Macroergonomics: Theory, Methods, and Applications. Lawrence Erlbaum Association, Publisher Mahwah, New Jersey, London. | ||||||||
16 | Daftar Praktikum / Laboratorium Activities | |||||||||
No | Jenis Praktikum | Jam Tatap Muka | ||||||||
Antropometri Fisiologi Kerja Biomekanika Lingkungan Kerja Mental Fatigue | 8 8 8 8 8 | |||||||||
Jumlah Jam / Total Hour | 40 |